KHASIAT MADU

Reputasi madu dalam mengatasi gangguan pernapasan tetap diakui, terutama untuk mengusir mucus/dahak atau cairan yang menyumbat saluran pernapasan. Masyarakat Yunani dan Romawi percaya dengan khasiat madu sebagai dekongestan (pelega hidung saat pilek). Madu juga memiliki sifat sedative (penenang) yang ringan, karena itu masyarakat tradisional sering mencampurkan madu pada segelas susu untuk diminum sebelum tidur. Minuman ini membuat mereka rileks dan bisa tidur dengan nyenyak.

Efek lain madu yang sejal lama diyakini adalah sebagai aprodisiak atau pembangkit gairah seksual. Istilah honeymoon berasal dari tradisi kuno masyarakat eropa utara ketika pasangan pengantin baru diharuskan mengkonsumsi madu dan mead (minuman sejenis anggur hasil fermentasi madu) yang diyakini bersifat aprodisiak. Sebagai tonikum, madu dicampur dengan kuning telur ayam mentah dan merica bubuk.

Meskipun bersifat melawan infeksi, madu tidak menyebabkan kerusakan gigi karena kemampuannya melawan bakteri penghasil asam laktat. Karena bersifat basa, madu dapat melindungi lambung dan usus dari penumpukan asam di dalamnya. Luka-luka dalam usus juga akan cepat sembuh jika penderita selalu makan makanan yang dicampur madu.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara merangsang / menimbulkan nafsu makan pada si kecil

KHASIAT WORTEL

KHASIAT BAWANG PUTIH